Sebuah pepatah mengatakan “setinggi apapun jabatan seseorang di sebuah perusahaan, orang tersebut statusnya tetaplah karyawan, dan sekecil apapun usaha sendiri yang seseorang jalankan maka orang itu tetaplah atasan bagi dirinya sendiri”.

Ya, admin sangat setuju dengan pepatah tersebut, bahwa memiliki usaha sendiri adalah sesuatu yang bisa lebih membanggakan daripada sekedar bekerja, meskipun terkadang usaha sendiri tidak memberikan jaminan embel-embel jabatan yang mungkin bisa kita peroleh ketika kita bekerja pada orang lain 🙂

Admin yakin ketika Anda sampai pada web Shanum Butik Etnik ini dan kemudian membaca tulisan ini, maka Anda adalah kategori orang yang menginginkan kemerdekaan bagi diri sendiri dengan jalan ingin merintis usaha sendiri, dan oleh karena itu melalui tulisan ini admin akan mencoba sedikit berbagi tips dan pengalaman tentang bagaimana merintis usaha sendiri dengan modal kecil namun mampu memberikan kebermanfaatan yang cukup besar, insyaalloh.

Cukup Sudah pengantarnya, admin langsung saja bagikan tipsnya sebagai berikut ya ….

  1. Kokohkan NIAT

    Pada dasarnya ketika kita akan memulai sebuah usaha buanglah jauh-jauh anggapan bahwa modal materi adalah sesuatu yang paling utama. Kebanyakan dari kita sering menganggap bahwa untuk memulai sebuah usaha yang pertama harus disediakan adalah modal materi yang besar.
    Menurut admin anggapan tersebut adalah sesuatu yang sangat keliru, yang pertama harus disediakan bukanlah modal materi yang besar namun yang pertama dan terutama harus ada adalah modal NIAT yang kokoh.

    Niat ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk mendasari usaha Anda, sebab apabila niat anda masih setengah hati untuk terjun merintis sebuah usaha maka yakinlah usaha anda akan berguguran sebelum saatnya berkembang.

    Mengapa begitu? ya, sebab dengan niat yang kokoh maka segala HALANGAN yang pasti akan anda temui ketika anda merintis usaha tidak akan lagi menjadi sebuah halangan. Niat yang kokoh akan mampu mengubah sudut pandang anda dari sebuah halangan menjadi sebuah TANTANGAN. Dan yakinlah, ketika sudut pandang anda sudah mampu melihat hal tersebut maka usaha apapun yang akan anda jalankan tidak akan berguguran di tengah jalan.

  2. Gali Peluang yang Berhubungan dengan Potensi Terbesar yang Anda Miliki

    Seringkali kita tergoda mengikuti keberhasilan usaha yang dijalankan orang lain. Hal itu tidaklah salah, namun admin memiliki keyakinan bahwa kesuksesan usaha seseorang tidak akan bisa ditiru begitu saja, sebab faktor kesuksesan tidak hanya sekedar dari jenis usahanya namun bergantung juga kepada bagaimana mengelola usaha tersebut untuk mencapai suatu kesuksesan.

    Ketika berbicara tentang bagaimana mencapai kesuksesan, maka faktor individu pengelola usaha tersebut yang akan lebih utama bila dibandingkan dengan jenis usahanya.

    Sebagai contoh, ketika booming usaha batu akik maka bermunculanlah pengusaha-pengusaha akik baru. Situasi pasar sangat mendukung, namun apakah semua yang menjalankan usaha tersebut sukses ? Admin yakin jawabannya tidak semua, biasanya yang hanya ikut meniru atau mengambil kesempatan pada situasi tersebut pada akhirnya akan berguguran, namun ada juga yang benar-benar berhasil bertahan, dan biasanya mereka yang bertahan adalah mereka yang emang memiliki potensi kuat yang berhubungan dengan perbatuakikan pada diri mereka.

    Pada intinya usaha apapun yang akan anda jalankan, baik itu usaha dagang, usaha jasa ataupun usaha manufaktur maka yang paling penting adalah jalankan usaha yang memang modal pendukung utamanya sudah ada pada pada diri Anda sendiri.

    Anda yang tipikal penjual pastinya jauh akan lebih sukses bergelut di usaha dagang daripada di usaha manufaktur. Anda yang tipikal kreator pastinya akan lebih berhasil sebagai pengusaha manufaktur daripada bergelut di dunia usaha perdagangan. Anda yang senang bermain musik pastinya akan lebih berhasil di bidang usaha yang berkaitan dengan musik. Anda yang senang dunia fashion pastinya jauh akan lebih berhasil ketika menggeluti usaha fashion

  3. Siasati Keterbatasan Anda dengan Pemilihan Usaha yang Tepat, Skala Prioritas, Manajemen yang Baik, Kerjasama dan Penguasaan Informasi

    Memulai sebuah usaha baru akan lebih mudah apabila dibarengi dengan analisis terlebih dahulu. Secara teori kita bisa melakukan sebuah analisis SWOT ataupun sebuah analisis studi kelayakan usaha. Admin tidak akan membahas panjang lebar tentang langkah-langkah analisis tersebut, informasi tentang kedua analisis tersebut cukup banyak bertebaran di internet, silahkan tinggal browsing saja

    Apabila Anda melakukan analisis-analisis tersebut maka admin yakin Anda akan mengetahui sejauh mana potensi yang Anda miliki dan seberapa besar keterbatasan yang anda Punya untuk menjalankan sebuah usaha.

    Yang ingin admin soroti bukanlah analisisnya, namun admin ingin berbagi tips untuk menyiasati segala keterbatasan yang muncul setelah kita melakukan analisis.

    Pemilihan Usaha yang tepat adalah salah satu solusi untuk menyiasati keterbatasan kita dalam memulai usaha. Sebagai contoh, apabila kita memiliki keterbatasan dalam modal, maka terjun di dunia usaha jasa atau usaha dagang mungkin jauh akan lebih efektif dibanding terjun di usaha produksi.

    Skala Prioritas juga penting, sebab tanpa skala prioritas yang jelas maka keterbatasan yang kita miliki akan menjadi sebuah masalah besar. Skala prioritas akan dapat kita temukan dengan sendirinya apabila kita memiliki visi usaha yang jelas dan terarah. Dengan skala prioritas, sedikit demi sedikit segala keterbatasan yang kita miliki akan teratasi dengan sendirinya.

    Selain dua hal tersebut di atas, satu lagi yang harus diterapkan adalah manajemen. Sekecil apapun usaha kita, biasakan untuk menjalankan sebuah pembagian job yang pasti, pembagian tugas dan tanggungjawab yang jelas, dan carilah sistem pengelolaan yang paling efektif berdasarkan pada sumber daya yang kita miliki.

    Ketika kita merasa segala keterbatasan kita tak mampu lagi diatasi dengan segala sumberdaya milik kita sendiri maka mulailah opsi untuk mencari kerjasama. Hal yang perlu diingat, untuk menjalin sebuah kerjasama tidaklah mudah, namun juga bukan sesuatu yang susah.

    Kecenderungan orang akan mau menjalin kerjasama dengan kita apabila kita mampu menunjukkan bahwa usaha kita memang memiliki sebuah potensi.

    Jadi sebelum memutuskan bekerjasama maka yang paling mudah adalah kelola usaha kita secara mandiri hingga orang lain melihat besarnya potensi usaha yang kita miliki.

    Dan yang tak kalah pentingnya adalah penguasaan informasi. Di era sekarang ini informasi adalah sesuatu yang tak bisa dimonopoli, ini adalah keuntungan yang saat ini kita miliki. Jadilah penguasa informasi, dan yakinlah usaha anda tidak terhenti

    Sekian dulu sharingnya yaa… Admin ngantuk hehehe lanjut lagi lain kali..
    Selamat menjadi atasan bagi diri Anda sendiri!

One Response so far.

  1. Era says:

    sipp deh admin atas infonya, membantu dan saya setuju,
    memang benar job persis ini yang diidam-idamkan di era modern ini

Leave a Reply


  • Dex HPO Makara Etnik

    Instagram
  • Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

  • Klik Ikon untuk Chat langsung

    • 412
    • 3,899,098